Etika dan Profesionalisme Bidang Pemasaran
Nama kelompok :
Achmad Fadli
Andreas
Khalid Lanang
4KA05
.
1.1
LATAR BELAKANG
Pemasaran
merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para
pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk
berkembang dan untuk mendapatkan laba. Berhasil tidaknya dalam pencapaian
tujuan bisnis tergantung kepada keahlian pengusaha di bidang pemasaran,
produksi, keuangan maupun bidang lain. Selain itu tergantung pula pada
kemampuan pengusaha untuk mengkombinasikan fungsi-fungsi tersebut agar usaha
perusahaan dapat berjalan lancar.
Pada
dasarnya tujuan dalam mendirikan perusahaan adalah mencari laba semaksimal
mungkin. Keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuan itu sangat
dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan dalam memasarkan produknya. Perusahaan
dapat menjual produknya dengan harga yang menguntungkan pada tingkat kualitas
yang diharapkan, akan mampu mengatasi tantangan dari para pesaing terutama
dalam bidang pemasaran. Oleh karena itu untuk menarik konsumen melakukan
pembelian maka perusahaan harus bisa menerapkan suatu strategi pemasaran yang
tepat sesuai dengan kondisi pasar yang dihadapi. Keberhasilan strategi
pemasaran dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu riset dan analisa pasar,
keputusan tentang produk, penetapan harga, promosi dan distribusi (marketing
mix).
Etika
pemasaran adalah standar etika yang berkaitan dengan pemasaran. Pemasaran
adalah bidang yang sering dipandang sebagai inheren tidak etis, tetapi
sebenarnya diatur oleh hukum dan standar perilaku sama seperti bidang lainnya.
Orang-orang yang aktif bekerja di bidang pemasaran diharapkan untuk mempelajari
dan mematuhi standar etika industri, dan akademisi tertarik dalam studi
pemasaran juga melihat bagaimana etika diterapkan. Kesadaran standar etika yang
sangat dipromosikan di banyak perguruan tinggi dan universitas yang mengajarkan
praktik pemasaran, dan beberapa lembaga bahkan memiliki asosiasi mahasiswa yang
didedikasikan untuk pengembangan dan promosi praktek etis dalam bisnis,
termasuk bidang pemasaran.
1.3
TUJUAN PEMASARAN
Tujuan Pemasaran adalah
mengenal dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk yang di jual
akan cocok sesuai dengan keinginan pelanggan,sehingga produk tersebut dapat
terjual dengan sendirinya. Idealnya pemasaran menyebabkan pelanggan siap
membeli sehingga yang harus di fikirkan selanjutnya adalah bagaimana membuat
produk tersebut tersedia.
Ada
sejumlah bidang yang menjadi perhatian etis dalam pemasaran. Tujuan pemasaran
adalah untuk menjual produk, jasa, dan ide kepada orang-orang, dan ini dapat
dilakukan dalam berbagai cara, tidak semua yang etis. Pemasar harus
berhati-hati tentang bagaimana mereka menjalankan kampanye untuk menghindari
berbenturan dengan hukum, dan untuk menangani wilayah abu-abu etika yang tidak
dapat dilindungi oleh hukum.
Sumber :
http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/203/BAB%20I.pdf?sequence=2
http://www.aljamiah.org/mukaddimah/index.php/muk/article/download/42/41
Sumber :
http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/203/BAB%20I.pdf?sequence=2
http://www.aljamiah.org/mukaddimah/index.php/muk/article/download/42/41
Ferdi Style - Tutorial Blog Ferdi Style - Tutorial Blog Ferdi Style - Tutorial Blog Ferdi Style - Tutorial Blog
ReplyDeleteIki Creative Cara Blog Cara Android Cara Terbaru Cara Mudah
ReplyDeleteHendra Web - Tutorial Blog Hendra Web - Tutorial Blog Hendra Web - Tutorial Blog
ReplyDelete